Ujian Tengah Semester SIM (Soal 7)

Dengan meningkatnya tingkat persaingan antar lembaga pendidikan (baik lembaga negeri maupun swasta), perlu terobosan dalam memenangkan persaingan. Uraikan dengan pendekatan kualitas jasa pendidikan jika dikaitkan dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat), maupun prinsip pemasaran 4 P (Price, Product, Place dan Promotion). Jawaban diutamakan menggunakan pendekatan gambar atau matrik.


Jawaban
Strategi pemasaran terdiri atas campuran unsur yang dinamakan pemasaran mix (unsur pemasaran) yang terdiri dari produk, promosi, tempat dan harga. Secara bersama mereka disebut the four P. Produk adalah sesuatu yang dibeli pelanggan untuk memuaskan keinginannya atau memenuhi kebutuhannya dan ia dapat berupa barang yang berwujud secara fisik, jenis pelayanan atau sebuah ide. Promosi adalah semua cara untuk menggairahkan penjualan, termasuk pengiklanan dan personal selling. Tempat berkaitan dengan cara pendistribusian produk secara fisik kepada pelanggan melalui saluran distribusi. Harga terdiri atas semua elemen yang berkaitan dengan sesuatu yang harus dibayar oleh pelanggan untuk produk tersebut. 
Oleh karena itu lembaga pendidikan harus memperhatikan :
  1. Akses yang berhubungan dengan kemudahan mendapatkan jasa pendidikan yang diperoleh di tempat yang mudah dijangkau pada waktu yang tepat dan nyaman.
  2. Kecocokan dengan tingkat kebutuhan pelanggan, yaitu kecocokan akan profil tingkat pendidikan populasi dan kelompok yang membutuhkannya.
  3. Efektivitas yang berhubungan dengan adanya kemampuan penyaji jasa pendidikan (staf pengajar) untuk melayani atau menciptakan hasil yang diinginkan.
  4. Ekuitas yang berhubungan dengan distribusi sumber-sumber pelayanan lembaga pendidikan yang adil dalam suatu system yang didukung secara umum
  5. Diterima secara sosial yang berhubungan dengan kondisi lingkungan, komunikasi dan kebebasan atau keleluasaan pribadi.
  6. Efisiensi dan ekonomis yang mengacu pada pengertian layanan terbaik untuk besarnya biaya yang tepat. 
Lembaga pendidikan akan dikatakan berhasil jika mampu memberikan pelayanan sama atau melebihi harapan pelanggan, diantaranya :
  1. Siswa puas dengan layanan sekolah, antara lain puas dengan pelajaran yang diterima, puas dengan perlakuan oleh guru atau pimpinan, puas dengan fasilitas yang disediakan sekolah atau dengan situasi sekolah.
  2. Orang tua siswa puas dengan layanan terhadap anaknya maupun layanan kepada orang tua, misalnya puas karena menerima laporan periodik tentang perkembangan siswa maupun program-program sekolah.
  3. Pihak pemakai/penerima lulusan (perguruan tinggi, industry, masyarakat) puas karena menerima lulusan dengan kualitas yang diharapkan.
  4. Guru dan karyawan puas dengan pelayanan sekolah, misalnya pembagian kerja, hubungan antar guru/karyawan/pimpinan, gaji/honorarium dsb.

Allahu 'alam bishawab........