Ujian Tengah Semester SIM (Soal 19)

Jelaskan dan berikan contoh istilah berikut ini:
a. Computer-aided software engineering (CASE)
b. Critical succes factor
c. Custover
d. Integrated test facillity (ITF)
e. Model REA (resources, events, and agents)



Jawaban
a. Computer Aided Software Engineering disingkat dengan CASE
Software dibidang teknik untuk mempercepat perancangan dan implementasi, yang merupakan komputer pribadi berbasis sofware yang menyediakan suatu struktur bagi proses pengembangan yang menjamin tingkat akurasi dan konsistensi. Sebagian perusahaan melaporkan perolehan produktivitas yang besar dari CASE, tetapi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa tool ini menyelesaikan persoalan terutama aplikasi skala besar baik dalam anggaran, kompleksitas team untuk pengerjaannya, yang berjalan tanpa kesalahan.

b. Critical Success Factor
Adalah salah satu kegiatan perusahaan yang berpengaruh kuat pada kemampuan perusahaan mencapai tujuannya. Perusahaan biasanya memiliki beberapa CSF. Pada industri mobil, CSF dapat diidentifikasi dari gaya penjualan, jaringan dealer, layanan purna jual maupun pengendalian biaya manufaktur yang ketat. Sistem informasi memungkinkan manajer mengikuti CSF dengan melaporkan informasi tentang CSF. Dalam salah satu artikel yg ditulis oleh Anne Parr dan Graeme Shanks di Jurnal of Information Technology (2000) 15 . Didalam jurnal tersebut point - point Critical Success Factor (CSF) untuk implementasi ERP adalah :
  1. Management support, dukungan dan komitmen dari top management sangat di butuhkan dari sebelum project dimulai sampai setelah project selesai atau sudah
  2. Keterlibatan orang - orang yg berkompeten dalam bidang nya secara full time .Kenapa harus full time yaitu agar lebih fokus.
  3. Diberikan wewenang untuk memberikan keputusan, wewenang disini berarti di berikan nya delegasi untuk dapat memutuskan sehingga keputusan yang akan lebih cepat tapi harus dilakukan oleh orang yang kompeten.
  4. Delivered date, Jadwal yang realisitis dan tetap harus selalu di monitor perkembangan dan kemajuannya
  5. Champion, agen perubahan dimana selalu ber ' promosi ' mengenai sistem yang baru dan bertugas untuk sebagai 'pendengar' sehingga menjadi koreksi dalam implementasi.
  6. Vanila ERP, istilah saja agar implementasi ERP hanya melakukan sedikit Customize. kenapa sedikit karena untuk memudahkan upgarade software.
  7. Ruang lingkup yang tidak terlalu besar, sangat baik dilakukan dengan ruang lingkup yg tidak terlalu besar dahulu agar lebih effektif & effisien . Hindari "Big Bang" project
  8. Definisi tujuan dan ruang lingkup, ini salah satu terpenting karena Steering Committee mendefinisikan tujuan & ruang lingkup yang jelas. ini sebenar nya merupakan inti dari mau kemana kita nanti nya. ini semua harus benar - benar di pahami oleh seluruh anggota project. Apabila gagal mendifinisikan secara benar maka biasa nya project akan menjadi terlambat dan akhir nya ujung - ujung nya cost nya juga naik
  9. Komposisi team yang seimbang, komposisi yang seimbang dari bisnis analis, technical expert dan user yang ikut dalam implementasi dari internal dan external perusahaan
  10. Commitment to change, ketekunan dan ketabahan dalam menghadapi masalah yang terjadi selama implementasi.

c. Cutover
Proses menghentikan penggunaan sistem lama dan memulai menggunakan sistem baru disebut cutover. Ketika seluruh pekerjaan pengembangan hampir selesai , tim proyek merekomendasikan kepada manajer agar dilaksanakan cutover (dalam memo atau laporan lisan)

d. Integrated Test Facility (ITF)
Dikenal juga sebagai teknik perusahaan mini adalah perluasan teknik data uji. Teknik ini melibatkan pemasukan data terpadu; yaitu transaksi uji dimasukkan ke dalam system pemrosesan computer bersamaan dengan transaksi hidu. Karena data ini diproses dengan program yang sama, maka transaksi uji mengalami langkah pemrosesan yang sama seperti transaksi hidup. Akan tetapi, transaksi uji diidentifikasikan pada program dengan suatu kode, sehingga hasil pemrosesannya disimpan dalam suatu fasilitas pengujian khusus. Fasilitas pengujian yang ditetapkan oleh auditor terdiri dari file-file berskala kecil. Setiap file terdiri-dari record beberapa pelanggan, pemasok, produk atau kesatuan fiktif lain yang terlibat dalam beberapa aplikasi. 
Singkatnya ITF Adalah suatu pendekatan teknik terotomatisasi yang memungkinkan auditor menguji alur logika dan kendali suatu aplikasi pada saat operasi normal berlangsung.

e. Model REA (Resources, Events and Agents)
Menurut Cushing dan kawan kawan REA data model merupakan pengembangan secara eksplisit yang digunakan dalam merancang database system informasi akuntansi. Dalam bahasa aslinya “REA data modeling was developed explicitly for use in designing AIS data bases” (Cushing, 1997:170).
REA terdiri dari Resources, Events dan Agents. Resources merupakan obyek yang memiliki nilai ekonomi bagi organiasi; seperti kas, persediaan, perlengkapan, peralatan dan lain-lain. Events merupakan kejadian yang terjadi selama aktifitas bisnis organisasi dijalankan, seperti penjualan, penerimaan kas dll. Sedangkan agents adalah sekelompok orang yang ikut berperan dalam percaturan bisnis organisasi yang dapat mempengaruhi perencanaan, pengendalian dan pengevaluasian kinerja perusahaan seperti karyawan, pelanggan/pembeli dan lain-lain. 

Allahu 'alam bishawab,.,.,.,.