Ringkasan Metodologi Penelitian

1. Materi utama yang menjadi bidang kajian program studi Magister Administrasi Pendidikan.
a. Konsep dasar dan sistem pendidikan
b. Konsep dan teori adminstrasi pendidikan
c. Kebijakan pendidikan
d. Kepemimpinan pendidikan
e. Jabatan kependidikan dan guru sebagai profesi
f. Supervisi pendidikan

2. Metode penelitian pendidikan secara :
a. ontologi (hakikat apa yang dikaji)
metode penelitian pendidikan mengkaji tentang berbagai metode penelitian,
jenis-jenis penelitian, masalah dan perumusan masalah, variabel penelitian, populasi sampel dan sampling, penelitian kualitatif, kuantitatif dan teori murni, hipotesis, instrumen, desain penelitian, data dan analisis data, laporan hasil penelitian, model tesis serta manajemen penelitian dalam bidang pendidikan.

b. Epistemologi (Cara mendapatkan pengetahuan yang benar/bagaimana)
Metode penelitian pendidikan membahas tentang bagaimana cara melaksanakan sebuah penelitian dalam bidang pendidikan secara baik dan benar sesuai prosedur yang ditentukan institusi pendidikan atau lembaga penelitian tertentu.

c. Aksiologi (nilai kegunaan ilmu/untuk apa)
Metode penelitian pendidikan yang telah dipahami dan dilaksanakan pada akhirnya diharapkan memberikan nilai kegunaan tertentu dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk manfaat bagi pribadi maupun lembaga serta dapat memberikan saran bagi penelitian sejenis apabila ada yang akan memperjelas atau melanjutkan penelitian tersebut.

Menurut Sugiyono (2008), MPP ialah cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.


2. Deskripsikan tentang pembelajaran metodologi penelitan administrasi pendidikan
 Pembelajaran metodologi penelitian administrasi adalah upaya untuk mempengaruhi siswa agar belajar mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi dalam bidang administrasi dan manajemen. Sehingga siswa akan belajar sesuatu yang mereka tidak akan pelajari tanpa adanya tindakan pembelajar atau mempelajari sesuatu dengan cara yang lebih efisien. Dengan mempelajari metodologi penelitian adminstrasi pendidikan berarti mahasiswa belajar akan penelitian ilmiah, variabel, macam-macam data dan penelitian, kerangka penelitian kuantitatif dan kualitatif, perumusan dan identifikasi masalah, pemilihan judul yang baik, kerangka berfikir, hipotesis penelitian dan hipotesis statistik, teknik pengambilan sampel dan teknik pengumpulan data, penyajian data, analisis data, perbedaan kualitatif dan kuantitatif.